Bangka-Belitung adalah salah satu provinsi di Indonesia. Ini mencakup dua pulau besar, Bangka dan Belitung

Bangka Belitung yang terletak di sebelah timur Sumatra, sebelah timur laut provinsi Sumatera Selatan. Bangka Belitung (BABEL) Provinsi Kepulauan adalah Provinsi ke-31 di Indonesia, salah satu provinsi terbaru. Bangka Belitung mendapatkannya disetujui sebagai provinsi baru pada tahun 2001 yang dipisahkan dengan Sumatra selatan. Pengakuan itu karena perjuangan rakyat. Daerah yang merupakan tambang timah hebat, kini sudah mencapai fase baru dalam hidupnya. Ini sesuai dengan keindahan alam, dan uniknya budaya, Bangka Belitung melangkah menuju masa depan yang lebih baik.

Didukung oleh semangat “Serumpun Sabalai” dan sumber daya alam yang melimpah, telah mengharapkan peran yang lebih besar untuk mempercepat pembangunan kawasan kepulauan, yaitu Kabupaten Bangka, Kabupaten Belitung dan Kota Pangkal Pinang melalui pengembangan kerjasama. Potensi budaya dan pariwisata ini juga didukung oleh lokasinya yang strategis sehingga bisa terhubung dengan kawasan menarik lainnya. Transportasi laut yang menjadi aksesibilitas paling banyak di Pulau Bangka Belitung, mendukung kegiatan ekonomi antar pulau.

Kekayaan Pulau Bangka Belitung dan tambang timah sampai lautnya kaya, membuat Bangka Belitung menjadi magnet bagi pendatang baru untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Sebuah desa di Bali ditemukan di Pulau ini yang bernama desa Giri Jati, lengkap dengan semua budaya Bali yang mengingatkan kita ke Pulau Bali. Selain suku Bali, kita juga bisa menemukan suku Bugis yang menambahkan berbagai budaya di Pulau Bangka Balitung. Suku Bugis ini bisa ditemukan di desa nelayan di Tanjung Binga.

Jika tidak, suku asli, budaya Melayu memiliki pengaruh kuat dalam upacara adat dan upacara keagamaan. Salah satu upacara tersebut adalah Upacara Rebo Kasan yang dilakukan oleh orang desa Air Anyer. Dipercaya bahwa satu hari dalam setahun, Tuhan memberikan 320.000 malaikatnya di dunia. Orang-orang harus bersama untuk berdoa.

Upacara ini digelar di pantai, tapi sekarang, yang digelar di masjid kemudian dilanjutkan ke pantai. Dulu, upacara ini menjadi pesta rakyat dengan partai bintangnya adalah seni ‘Dambus’. Secara geografis
Provinsi Bangka Belitung terletak antara 104 ° 50 ‘- 109 ° 30’ Bujur Timur dan 0 ° 50 ‘- 4 ° 10’ Lintang Selatan, dengan luas wilayah 81.724,54 km.

Administratif
Secara administratif, Bangka Belitung terdiri dari 2 kabupaten dan 1 kota, yaitu Kabupaten Bangka, Kabupaten Belitung dan Kota Pangkal Pinang, dimana wilayah kabupaten terbesar adalah Kabupaten Bangka dengan luas 11.534,14 km dan yang terkecil adalah Kota Pangkal Pinang, dengan luas wilayah 89,40 km .

Iklim
Ada dua musim yang cocok untuk berlayar ke pulau-pulau ini: Februari-Maret dan Oktober-November, saat angin dan ombaknya rendah. Curah hujan terberat sekitar 2.500 mm per tahun dengan suhu rata-rata antara 25 ° C – 26 ° C.

Populasi
Pada tahun 2001, populasi Babel adalah 920.729 terdiri dari 462.640 pria dan 458.089 wanita. Populasi terbesar di antara kabupaten tersebut adalah Kabupaten Bangka, 583.841 orang, sedangkan kepadatan penduduk terbanyak adalah Kota Pangkalpinang, dengan 1.396 orang / km. Pada tahun 2001, pertumbuhan penduduk mencapai 1,49% per tahun rata-rata. Tenaga kerja. Pada tahun 2000, angkatan kerja tercatat sebanyak 100.825 orang.