Sudahkan Anda pergi ke Poso ? Yuk simak disini

Poso adalah pelabuhan utama kota dan kota pelabuhan dan terminal di pantai utara wilayah Sulawesi Tengah. Bagi wisatawan, Poso adalah kota persinggahan (transit) sebelum melanjutkan perjalanan ke beberapa lokasi wisata di sekitar Poso misalnya ke pantai atau ke Ampana untuk kemudian bergabung dengan kapal lain menuju ke Pulau Togean. Namun, Poso sendiri adalah kota yang menyenangkan untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Poso adalah kota kecil biasa, dan Anda bisa pergi ke manapun Anda inginkan di kota ini hanya dengan berjalan kaki. Poso Downtown berada di Sumatera Street dan sekitarnya yang memiliki sejumlah hotel, restaurant dan area pertokoan.

Di sekitar Poso ada beberapa lokasi menarik untuk dikunjungi di sekitar Poso terutama bagi mereka yang suka berenang atau snorkeling; salah satunya adalah Pantai Madale, yang terletak sekitar 5 Km di Poso timur. Lebih jauh ke timur, di 20 Km dari Poso, ada Pantai Matako dengan pasir pantai putih. Sedangkan Pantai Toini terletak sekitar 7 Km dari Poso ke barat. Pantai ini sangat populer karena ada sejumlah restoran yang menyajikan hidangan laut yang lezat.

Pantai ketiga ini bisa dijangkau dengan kendaraan umum (mesin trishaw) dari terminal dekat pasar Poso.
Sekitar 40 Km dari Poso ke arah timur ada Tombiano yang memiliki goa besar yang tinggal dari kelelawar; di Maranda yang terletak sekitar 47 Poso Barat km ada kaskade sekaligus sumber sumber air panas dimana pengunjung bisa berenang; Gua Tampenaporo terletak di 22 Km di selatan Poso, di jalan menuju Tentena.

Untuk mengunjungi lokasi gua dan air terjun ini Anda bisa bergabung dengan kendaraan umum lain dari terminal Poso untuk tujuan yang sesuai, dan mintalah sopir untuk mengurangi Anda di lokasi yang sedang tidak ada.
Lembomawo terletak sekitar 4 Km di selatan Poso dan dikenal sebagai kerajinan sentra kayu eboni kayu. Untuk mencapai tempat ini Anda bisa bergabung dengan mesin trishaw lain dari terminal Poso dan ke bawah di Lembomawo. Dari Lembomawo Anda bisa berjalan (4 Km) ke Ranononucu melalui dua jembatan penarik. Disini ada banyak toko yang menjual kayu eboni.